Langsung ke konten utama

Pohon Nangka Karikatur

Pohon Nangka Karikatur


Pohon Nangka Karikatur - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon nangka kebanyakan mempunyai ukuran sedang, sampai kurang lebih 20 m tingginya, walaupun ada yg capai 30 mtr.. Batang bulat silindris, sampai berdiameter lebih kurang 1 meter. temanya padat serta lebat, melebar serta membulat jika ditempat terbuka. semua area tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat kalau dilukai.

Daun tunggal, menyebar, bertangkai 1–4 cm, helai daun agak tidak tipis seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik hingga jorong (memanjang), 3, 5-12 × 5–25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, enteng rontok serta meninggalkan sisa serupa cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan terlihat pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan teristimewa, yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol bersifat gada atau gelendong, 1-3 × 3–8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan serta berbau harum samar apabila masak. Bunga nangka disebut babal. sehabis melewati usia masaknya, babal juga akan membusuk (ditumbuhi kapang) serta menghitam semasa masih tetap di pohon, sebelum saat pada akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.


Pohon Nangka Karikatur


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Nangka Karikatur


Pohon Nangka Karikatur


fungsi Buah Nangka


Nangka sebagai sumber kalori, namun menjadi kandungan gula yang sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang dapat segera dirubah menjadi daya. Sejumlah mineral pentung serta nutrisi terdapat dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium serta seng. jadi membuatnya penting buat dikonsumsi sabagai menu buah harian. di bawah ini lebih dari satu faedah nangka bagi tubuh :

- 100 g nangka yang dikonsumsi akan menyediakan 95 kalori. Buah ini daging yg lembut serta enteng dicerna dengan kandungan gula simple seperti fruktosa serta sukrosa. waktu buah nangka ini dikonsumsi dapat segera isi ulang kekuatan serta merevitalisasi tubuh dengan segera. Tapi janganlah sangat banyak dalam sekali makan, karna juga akan menyebabkan gas dalam perut.
- Nangka kaya serat makanan, yang membuatnya jadi pencahar yg baik. Kandungan serat menunjang membuat perlindungan selaput lendir usus dengan cara mengikat dan melenyapkan bahan kimia penyebab kanker usus besar.
- Buah nangka fresh mempunyai kandungan beberapa kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein serta cryptoxanthin-b. Senyawa ini secara berbarengan memainkan peran utama menjadi antioksidan dan memaksimalkan penglihatan. Vitamin A juga diperlukan utk memelihara integritas membran lendir dan kulit. faedah buah-buahan alami yang kaya vitamin A, serta karotenoid sudah ditemukan membuat perlindungan paru-paru serta kanker rongga mulut.
- diluar itu, nangka adalah sumber anti-oksidan vitamin C yang menyediakan sekitar 13, 7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C menopang tubuh meningkatkan resistensi terhadap agen infeksi serta radikal bebas beresiko. Vitamin C juga sanggup jadi anti-oksidan yg bisa melawan sel degenaritif yang menimbulkan terjadinya gejala kanker
- Buah langka yg kaya akan group vitamin B-kompleks. Nangka diisi jumlah yang begitu baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, serta asam folat.
- Buah nangka adalah sumber yang baik mau kandungan kalium, magnesium, mangan, serta besi. Kalium merupakan komponen terutama dari sel dan cairan badan yang menunjang mengontrol detak jantung dan desakan darah

Dengan semua keuntungan yang kita dapatkan dari buah nangka. Membudidayakan buah nangka menjadi komoditi ekonomi yang menguntungkan. Dalam membudidayakan tanaman buah nangka biar cepat membuahkan buah sanggup dilaksanakan dengan lebih dari satu langkah berikut ini : pemilihan bibit, buat persiapan Lahan Tanam, Menanam Bibit Pohon Nangka, Merawat Pohon Nangka.

Syarat Tumbuh Buah Nangka


1. Iklim

Pohon nangka cocok tumbuh di daerah yg memilki curah hujan tahunan rata-rata 1. 500-2. 500 mm & musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka bisa tumbuh di daerah kering yakni di daerah-daerah yg punya bebrapa bulan kering lebih dari 4 bulan
cahaya matahari benar-benar dibutuhkan nangka buat tingkatkan fotosintesa & pertumbuhan, lantaran pohon ini termasuk juga intoleran. Kekurangan sinar matahari sanggup membuat terganggunya pembentukan bunga & buah dan pertumbuhannya.
Rata-rata suhu udara minimum 16-21 derajat C & suhu udara maksimal 31- 31, 5 derajat C.
Kelembaban udara yg tinggi dibutuhkan untuk kurangi penguapan.

2. Media Tanam

- Pohon nangka dipelihara di berbagai jenis tanah, tetapi lebih suka pada aluvial, tanah liat berpasir/lihat berlempung yg dlm & beririgasi baik.
- biasanya tanah yg disenangi yakni tanah yg gembur & agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus sampai subur dengan situasi reaksi tanah asam hingga alkalis.
- bahkan juga pada tanah gambutpun pohon ini mampu tumbuh & hasilkan buah.
- Pohon nangka tahan kepada pH rendah (tanah masam) dengan pH 6, 0-7, 5, tetapi yg optimum pH 6–7.
- Kedalaman air tanah yg pas bagi perkembangan nangka yaitu 1-2 m atau antara 1-2. 5 m. dikarenakan perakarannya benar-benar dalam, jadi semestinya ditanam pada tanah yg cukup teball lapisan atasnya (kira-kira 1 m).

3. Ketinggian Tempat

Pohon nangka sanggup tumbuh dari dimulai dataran rendah sampai ketinggian tempat 1. 300 m dpl. tapi ketinggian tempat yang paling baik untuk perkembangan nangka yaitu pada 0-800 m dpl.

berikut adalah bebrapa stage dalam budidata tanaman buah angka supaya mamapu berbuah.

penentuan Bibit


Pada bagian ini, Bibit mesti berasal dari tipe atau varietas yg unggul (produksi tinggi, buah memiliki kualitas baik, berusia panjang & tahan kepada hama & penyakit). Bibit mesti sehat yg bisa dipandang dari sosoknya yg kokoh, batangnya kuat, lurus & tumbuh tegak, percabangan banyak juga daun area atas berwarna hijau fresh & mengkilap. Proses pemilihan bibit lebih baik memilih bibit dari hasi cangkok, okulasi serta stek. dikarenakan bibit tanaman buah nangka model ini memiliki kelebihan dengan lebih cepat berbuah.

Pengolahan Media Tanam



factor-faktor yg memengaruhi pertumbuhan tanaman nangka seperti gulma, genangan air, struktur juga pola tekstur tanah harus dibenahi/dikendalikan. Hal yg butuh di perhatikan dalam bagian penyaiapna media tanamn diantaranya :

– Pembentukan Bedengan
Ukuran bedengan beragam namun biasanya dipakai antara 5 x1 m atau 10 x 1 m. Bedengan membusur arah Utara ke Selatan & pinggirnya diperkuat dengan bambu, batu merah, atau kayu dan permukaannya ditinggikan 10-15 cm dari atas permukaan tanah.
Antar bedengan berjarak 0, 45 m & tiap tiap 5-10 m bedengan di buat jalan pengecekan seputar 60-100 m. Saluran air dibuat selama kiri kanan pengecekan.

Bedengan di beri naungan dengan atap nipah atau sarlom. area yg menghadap ke timur di buat lebih tinggi ketimbang yg menghadap ke Barat. Dalam bedengan disusun kantong-kantong plastik yg telah diisi media tumbuh & udah di beri lobang-lobang kecil di sisi bawahnya. Media tumbuh yg digunakan kombinasi tanah lapisan olah, pupuk organik, & pasir halus dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Ukuran kantong plastik yg digunakan 20 x 30 cm dengan tebal 0, 08 mm & berwarna hitam.

– Pengapuran
Apabila pH tanah miliki sifat terlalu asam atau basa jadi butuh ditunaikan berapa upaya biar nangka bisa tumbuh & memberikan hasil yg maksimum. kalau sangat asam (pH5) mampu ditambahkan kapur, kalau terlalu basa (pH7) bisa ditambahkan belerang. Dosis yg dimanfaatkan bergantung pada keadaan tanahnya namun sebagai dasar 1 kg kapur atau belerang untuk 1 m 3 lobang tanam.

– Pemupukan
Pada lobang tanam, tanah hasil galian di gabung dengan pupuk kandang 20 kg/lubang & dolomit 0, 5 kg/lubang (untuk menaikkan pH). Tanah paduan ini dimasukkan ke lubang 2-3 minggu sebelum penanaman. 1 minggu sebelum tanam berilah pupuk NPK (15-15-15) 100 gram ke dlm lubang penanaman.

Teknik Penanaman



– pemilihan alur Tanam
Pohon nangka yg dirawat di kebun buah jarak tanamnya 8 – 12 m, dalam pola segi empat atau segi enam : kepadatan yang umum yaitu 100-120 batang/ha. Jarak tanamnya antara lobang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m. 2) Pembuatan Lobang Tanam Lubang tanam di buat dengan ukuran 0, 5 x 0, 5 x 0, 5 m atau 1 x 1 x 0, 5 m. ketika penggalian lubang tanam, tanah area atas dipisahkan dari tanah bagian bawah. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang yg udah masak sekitar 20 kg per lubang. Lubang tanah yg telah digali dilewatkan terbuka selama 1-2 minggu, supaya memperoleh cahaya matahari maka teroksidasi dengan baik. Untuk menjauhi hambatan tanah asam, tanah galian dicampur dengan dolomit/kapur pertanian banyak 0, 5-1 kg per lubang tanam & tanah kombinasi ini dimasukkan ke dlm lubang 2-3 minggu sebelum saat penanaman. utk tanah yg terlalu berat, tidak hanya pemrosesan tanah dapat pula ditambahkan pasir sekitar 0, 5 kaleng per lubang. satu minggu sebelum saat tanam berilah NPK (15–15– 15) 100 gr ke dlm lubang penanamn bila butuh. Bibit hasil semaian atau okulasi ditanam tegak & kuat ke dlm tengah lubang penanaman. Jarak antara lubang tanam 12 x 12 m atau 4 x 6 m.

langkah Penanaman



Penanaman dilaksanakan sore hari atau pagi hari pada permulaan musim penghujan yakni kala curah hujan sudah cukup sama rata. Bibit ditanam pada lubang yang udah ada, tegak lurus. saat sebelum bibit ditanam, kantong plastik mesti dibuang. seandainya penanaman dilaksanakan di luar musim penghujan atau karna adanya kelainan iklim, yaitu musim hujan mendadak beralih menjadi kemarau lagi, jadi bibit yang udah ditanam butuh disiram dengan teratur.

Pemberian mulsa di kurang lebih pohon nangka sangat butuh ; khususnya pada waktu musim kemarau untuk meningkatkan kelembapan tanah. akan tetapi pada musim hujan mulsa tidak dibutuhkan dikarenakan mampu mendatangkan serangan jamur. Mulsa juga dapat dimasukkan ke dlm tanah jadi pupuk organi, pemberian 2 x per th. sangatlah mendukung perkembangan tanaman. Pemberian pupuk pabrik majemuk dilakukan di Malaysia dengan dosis 2-3 kg per pohon.

Pemeliharaan Tanaman



– Penjarangan & Penyulaman
Penyulaman tanaman yang mati dikerjakan ketika hujan masih tetap turun di tahun pertama & tahun ke-2.

- Penyiangan
Penyiangan atau membebaskan tanaman dari serangan gulma atau tumbuhan pengganggu dijalankan melalui cara membersihkan gulma secara manual/kimia dari tanaman nangka dengan radius 1-2 m. Pengendalian gulma dengan cara kimiawi memanfaatkan herbisida misalnya Paracol 1, 5 liter dlm 600 liter air per ha atau Roundup 2-3 liter dlm 800 liter air/ha. Penyiangan pertama dikerjakan 1-2 bulan sesudah penanaman, selanjutnya tiap-tiap 2-4 bln. dikerjakan selama 2-3 tahun. Penyiangan ditunaikan dengan cara manual atau kimiawi.

– Pemupukan
Pemberian pupuk organik bersifat pupuk kandang atau pupuk kompos 1-2 kali setahun jumlah 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik dilaksanakan satu minggu sesudah penanaman dengan dosis 100 gr NPK per tanaman. Pemupukan ke-2 pada umur 6 bulan dengan dosis 150 gr NPK per tanaman. Pemupukan ketiga dilakukan pada tanaman umur 12 bulan dengan dosis 200 gr per tanaman. Pemupukan ke-4 pada umur 18 bulan dengan dosis 250 gr per tanaman & pemupukan ke lima dilaksanakan pada tanaman umur 24 bln. dengan dosis 300 gr per tanaman. setelah itu buat tanaman yg sudah berbunga pada lahan tak subur sanggup ditambahkan pupuk organik 650 gr/pohon.
untuk menaikkan tanaman diperlukan penambahan pupuk daun faedah merangsang pembentukan daun. Pemberian pupuk daun dikerjakan selang 2 minggu hingga tanaman umur 17 bln.. Jenis pupuk daun yg digunakan Gandasil D/Bayfolan.

– Pengairan & Penyiraman
Tanaman nangka perlu drainase yg baik. Pengairan ini dibutuhkan utk tingkatkan produktivitasnya. Tanaman nangka mempunyai perakaran dalam, tdk memerlukan penggenangan pada saat musim kemarau dikarenakan tanaman nangka kurang toleran terhadap genangan. Akarnya masih tetap mampu meyerap air pada tanah yg dalam. Pemberian air penambahan dibutuhkan selagi dua th. pertama pertumbuhannya.

– Pemeliharaan Lain
Pemangkasan dikerjakan di sisi tanaman yg tdk subur & tidak produktif. Pemangkasan cabang dijalankan kepada pohon nangka yg bertema rimbun supaya cahaya matahari tidak terhalangi makanya merangsang perbungaan. Pemangkasan dibatasi pada penjarangan pucuk dikala pohon mulai ditanam & sedikit pemotongan dahan-dahan yg mempunyai kandungan buah biar memudahkan capai buah buat dibungkus & selanjutnya dipanen. Pemangkasan cabang dimaksudkan buat mengatur pembuahan, lantaran bunga betina nampak pada batang paling utama atau cabang primer. Perangsangan pembungaan dikerjakan lewat langkah melukai, mengebor/mengikat batang. Tujuan perlakuan untuk menghambat hasil asimilasi daun supaya tdk meyebar ke seluruh bagian tanaman, melainkan buat merangsang pembungaan. biar buah nangka hasilnya baik & besar, laksanakan penjarangan buah. Buah yang mulai menjadi membesar bungkuslah dengan kantong/kertas semen yg sudah dicelupakan ke dalam larutan insektisida. aksi ini dapat halangi serangan tikus atau kelelawar, & memikat semut yg dapat mengusir serangga beda hingga di peroleh buah yg kulitnya mulus & cerah.

Panen Nangka


Bibit buah nangka hasil okulasi juga akan menghasilkan buah pada umur 3-4 th.. Pemanenan ditunaikan andaikata buah sudah masak yang disinyalir dengan terlihat bau harum dan juga ukuran duri-duri pada kulit nangka telah mulai menjadi membesar. Hasil buah per tahun per pohon beragam umumnya berkisar 8-12 buah/pohon/th..


Pohon Nangka Karikatur


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kayu Glodokan Tiang

Kayu Glodokan Tiang - Butuh Info? Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia Polyalthia longifolia atau kerapkali juga disebut glodogan tiang menjadi satu diantara pohon yang begitu disukai banyak orang di indonesia. Pohon ini merupakan di antara pohon yang dimaksud pohon evergreen . Mengapa, sebab pohon ini sanggup tumbuh dengan baik kendati terjadi perubahan cuaca, iklim dan sekelilingnya. berarti pohon ini tidak memiliki pengaruh dengan mencolok kepada keadaan sekitarnya tanpa ada menggugurkan daunnya. Polyalthia longifolia atau glodogan tiang tumbuh tinggi tegak lurus ke atas, dapat menggapai kurang lebih 30 sampai 35 meter. Pohon ini terlihat menarik dan bagus dengan style arsitektur pohonnya yg lurus. Tanaman ini bagus ditanam dan dipindahkan saat menggapai tinggi satu sampai dua meter. Ada diantara satu kekurangan dari style tanaman ini, yaitu seandainya kala dipindahkan dalam pertumbuhan tinggi kurang lebih 5 mtr., jadi tan

Ayam Joper Kebumen

Ayam Joper Kebumen - Hubungi kami dengan Telp 082136783880 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim Bibit Ayam dan segala produk ayam arab/joper ke seluruh Indonesia Ayam arab merupakan keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. dimaksud ayam arab karena dua hal : pejantannya punyai daya seksual yang tinggi serta keberadaannya di Indonesia lewat telurnya yang dibawa oleh orang yg menunaikan beribadah haji dari Mekah. rata-rata penduduk mengfungsikan ayam arab dikarenakan produksi telurnya tinggi, menggapai 250-260 butir per tahun dengan berat telur 40-45 gr. bahkan juga hen day puncak produksi dengan pemeliharaan intensif mampu mencapai 80%. Kuning telur tambah besar volumenya, menjangkau 53, 2% dari keseluruhan berat telur. Warna kerabang begitu beragam yaitu putih, kekuningan dan coklat. Warna kulit yang kehitaman dengan daging yang lebih tipis ketimbang ayam kampung membuatnya tidak terlalu sering diperlukan jadi pedaging. Ayam Joper Kebumen CV. Nitnot   Jl. Moh Hat

Yang Termasuk Tanaman Hias Daun

Yang Termasuk Tanaman Hias Daun - Hubungi kami dengan Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia Tanaman hias mencakup segala tumbuhan, baik berwujud terna, merambat, semak, perdu, atau pun pohon, yang sengaja ditanam orang jadi komponen taman, kebun tempat tinggal, penghias ruang, upacara, komponen riasan/pakaian, atau jadi komponen karangan bunga. Bunga potong pun bisa dimasukkan sebagai tanaman hias. Dalam konteks umum, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan peranan dari tanaman hortikultura. area yang digunakan orang tidak semata bunga, namun kesan keindahan yang di munculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan bisa jadi komponen yang dimanfaatkan. jadi contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar bisa ditempatkan di tempat utk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias. Ada banyak sekali beraneka macam tanaman hias di In